Penghitungan Dollar Currency ke Rupiah dan Mata Uang Asing Lain

Penghitungan Dollar Currency ke Rupiah dan Mata Uang Asing Lain

Dollar currency penghitungannya sering digunakan ke Rupiah dan berbagai mata uang asing lain. Sebenarnya apa itu currency dan bagaimana penghitungannya? Currency merupakan berbagai macam bentuk uang yang telah diterbitkan pemerintah dari suatu negara dan beredar di dalam perekonomian negara tersebut. Currency digunakan sebagai alat pertukaran barang dan juga jasa sekaligus menjadi landasan terjadinya perdagangan.

Setiap negara umumnya memiliki ukuran sisi masing-masing. Walaupun ada negara kecil tertentu yang lebih memilih mengadopsi mata uang negara lain. Di dalam forex, sejumlah currency wajib diketahui. Karena ini termasuk mata uang yang banyak diperdagangkan dan jadi pilihan para trader. Karena kepopulerannya, beberapa currency memiliki julukan sendiri. Negara asalnya sering disebut sebagai negara mayor, sebab mata uangnya tergolong dalam kategori major currency.

Penghitungan Dollar Currency ke Rupiah

Sejak lama, investasi dollar jadi pilihan yang menguntungkan. Nilai mata uang Amerika Serikat ini cenderung stabil meski dihantam berbagai isu ekonomi. Dollar bisa menjadi safe haven saat diperlukan. Saat ekonomi dalam negeri memburuk, anda dapat memperoleh keuntungan dari nilai tukar Dollar ke Rupiah hingga berkali-kali lipat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung nilai jual beli mata uang. Seperti yang diketahui, kurs mata uang asing setiap hari selalu mengalami perubahan. Jadi sebelum anda menghitungnya, sebaiknya terlebih dahulu kita cari tahu nilai jual beli mata uang asing yang hendak dihitung.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui nilai mata uang asing. Seperti melalui situs perbankan, Google, Koran, dan aplikasi penghitung nilai mata uang asing yang bisa memberikan info kurs harian.

Berikut ini adalah beberapa cara menghitung Dollar currency ke Rupiah dan berbagai mata uang asing lainnya.

1. Menghitung dengan Cara Manual

Apakah anda pernah merasa bingung saat harus mengeluarkan uang di money changer? Mungkin sebagian orang awam merasa kesulitan membedakan kurs beli dan kurs jual. Supaya tidak salah ketika bertransaksi di money changer, maka cara menghitung Dollar ke Rupiah dengan menggunakan cara manual dapat dilakukan. Mulai dari menghitung kurs jual, kurs beli, sampai kurs tengah sekalipun.

2. Menggunakan Coinmill

Dari banyaknya situs penghitungan mata uang asing, maka Coinmill menjadi salah satu situs yang populer. Sebab Coinmill menyediakan berbagai pilihan mata uang asing yang cukup lengkap.

Kebanyakan website penghitungan mata uang asing hanya menyediakan pilihan USD Amerika Serikat, SGD Singapura, AUD Australia, dan Yen Jepang. Sedangkan Coinmill menyediakan penghitungan mata uang dari semua negara yang ada di dunia.

3. Menghitung dengan Google

Belum banyak orang yang mengetahui bahwa Google dapat memudahkan anda menghitung mata uang asing. Caranya anda tinggal masukkan Dollar currency yang ingin dijadikan Rupiah di kolom pencarian Google. Misalnya 10 USD to IDR. Dimana USD adalah United State Dollar dan IDR merupakan Indonesian Rupiah. Google akan memberikan hasilnya berdasarkan kurs terbaru.

4.Aplikasi Smartphone

Ketika anda sering menghitung dua mata uang dan membutuhkan media penghitung yang akurat serta cepat, anda bisa menginstal aplikasi penghitung mata uang dunia. Aplikasi ini sering disebut dengan Currency Converter yang telah dikembangkan oleh Designer Calculators. Dari banyaknya aplikasi yang tersedia, Currency Converter menjadi aplikasi konversi mata uang yang paling akurat.

Dengan demikian, anda bisa menghitung Dollar currency ke Rupiah maupun berbagai mata uang asing lainnya dengan mudah dan cepat.