Mengenal Jenis dan Definisi Obligasi Lengkap dengan Keuntungannya

Mengenal Pengertian dan Jenis Obligasi Lengkap dengan Keuntungannya

Apakah anda sudah tahu mengenai jenis dan definisi obligasi? Popularitas dari pengalokasian dana obligasi memang tak seramai deposito dan saham. Akan tetapi, bukan berarti jenis pengalokasian dana tersebut tidak banyak peminatnya. Bahkan sampai saat ini ORI telah menjadi salah satu obligasi negara atau Surat Utang Negara yang banyak diburu masyarakat.

Pengertian dan Jenis Obligasi

Obligasi merupakan istilah di dalam pasar modal untuk menyebut surat utang yang diterbitkan penerbit obligasi pada pemegang obligasi. Dimana dilengkapi dengan janji untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bunga pada pemegang obligasi. Ini sesuai syarat yang sudah disetujui saat pembelian surat utang tersebut.

Menurut UU no. 24 tahun 2002, pengertian dan jenis obligasi adalah surat utang negara. Ini merupakan surat yang berharga berupa pengakuan utang dalam mata uang rupiah dan valuta asing. Pembayaran bunga serta pokoknya dijamin oleh Negara Republik Indonesia sesuai masa berlaku.

Jenis Obligasi

Setelah mengetahui pengertian dari obligasi, selanjutnya kita akan mengetahui seperti apa jenis obligasi yang ada di Indonesia. Sekarang ini Maybank Indonesia telah mendistribusikan dua jenis obligasi atau surat utang. Pertama adalah surat utang negara Indonesia di dalam mata uang dolar Amerika Serikat dan surat utang negara Indonesia dalam mata uang Rupiah.

1. Surat Utang Negara Indonesia dalam USD

Obligasi ini diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia dengan jangka waktu tertentu di dalam denominasi USD dengan kupon tetap. Penerbit akan menjamin pengembalian nilai pokok ketika jatuh tempo beserta kupon yang akan dibayarkan secara berkala.

Jenis obligasi ini diterbitkan dan dijamin Pemerintah Republik Indonesia, diperdagangkan di pasar sekunder, serta diterbitkan dalam mata uang Dolar Amerika Serikat. Selain itu, juga bebas risiko gagal bayar sebab telah dijamin oleh Undang-Undang dan tersedia obligasi yang berbasis syariah atau INDOIS, ada juga yang non syariah.

2. Surat Utang Negara Indonesia dalam IDR

Jenis obligasi ini tersedia di dalam mata uang rupiah atau IDR. Ini merupakan surat utang yang diterbitkan Pemerintah Republik Indonesia dengan jangka waktu tertentu di dalam denominasi rupiah dengan kupon yang tetap. Penerbit akan menjamin pengembalian nilai pokok ketika jatuh tempo ditambah kupon yang dibayarkan secara berkala.

Obligasi dalam mata uang rupiah ini terdiri atas 5 sub kategori. Pertama ada Fixed Rate atau FR dengan seri atau tenor diatas 10 tahun. Selanjutnya ada Obligasi Ritel Indonesia yang disingkat ORI dengan tenor 3 tahun. Ada pula Sukuk Negara Ritel atau SR yang diterbitkan sesuai prinsip Hukum Syariah. Sukuk Tabungan atau ST yang diterbitkan sesuai prinsip Hukum Syariah dan yang terakhir ada Saving Bonds Retail atau SBR.

Keuntungan Obligasi

Ketika anda menggunakan salah satu instrumen investasi ini, obligasi dapat memberikan sejumlah keuntungan bagi pemegangnya. Apa saja itu?

Pendapatan Berkala

Investor atau nasabah bisa memperoleh pendapatan secara berkala. Pendapatan ini berupa kupon yang nantinya akan dibayarkan langsung ke rekening nasabah sejumlah yang sudah ditentukan di awal.

Dijamin Undang-Undang

Aplikasi yang telah diterbitkan Pemerintah Republik Indonesia sudah mendapatkan jaminan di dalam undang-undang no. 24 tahun 2022 mengenai Surat Utang Negara. Di dalam undang-undang tersebut sudah disebutkan Pemerintah Republik Indonesia telah menjamin pembayaran bunga dan pokoknya sesuai masa berlaku.

Proses Pencairan Cepat dan Fleksibel

Investor atau nasabah bisa melakukan pencairan obligasi setiap saat sesuai harga pasar. Selain itu, nasabah juga bisa melakukan proses transaksi jual beli obligasi lewat mekanisme pasar sekunder.

Setelah mengetahui pengertian dan jenis obligasi lengkap dengan keuntungannya, maka kini anda bisa mengalokasikan dana obligasi dengan tepat dan aman.