Harga BBM Terbaru April 2021 Pasca Kebakaran Kilang Minyak Balongan

Harga BBM Terbaru April 2021 Pasca Kebakaran Kilang Minyak Balongan

Harga BBM terbaru sudah dirilis oleh PT Pertamina dan berlaku sejak bulan April 2021. Tentu saja adanya pembaruan ini untuk 34 provinsi di seluruh Indonesia. Sehingga masyarakat diimbau agar tidak terkejut ketika melihat harga yang berbeda dari biasanya.

Harga BBM Terbaru April 2021

Adapun penyesuaian harga BBM ini atas implementasi Kepmen ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Bahan Bakar minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar. Hal tersebut disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Pada dasarnya tidak ada kenaikan harga yang terlalu signifikan di periode 2021 ini. Di wilayah Jawa dan Bali harga BBM masih sama sedangkan di Sumatera Utara harga BBM mulai naik. Hal ini dikarenakan adanya perubahan kebijakan PBBKB pemerintah daerah Provinsi Sumatera Utara.

Kenaikan tersebut lumayan drastis dari yang semula 5% kini menjadi 7,5%. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah karena sudah berdasarkan kebijakan yang berlaku di wilayah Sumatera Utara.

Harga BBM Terbaru April 2021 Pasca Kebakaran Kilang Minyak Balongan

Daftar Kenaikan BBM                                          

Inilah beberapa harga BBM Terbaru yang dirasakan oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Khususnya pada jenis pertamax, sebagai berikut:

Pertamax di Kisaran Rp 9.000

Ternyata bahan bakar minyak jenis pertamax mengalami peningkatan di beberapa daerah. Adapun wilayah yang masih konstan adalah Prov. Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, DKI Jakarta, BAnten, Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Jawa Barat, bali, dan Nusa Tenggara Barat. Sedangkan untuk wilayah lainnya mengalami kenaikan dari Rp 9.200 menjadi Rp 9.400 per liternya.

Pertamax Turbo Kisaran Rp 9.850

Harga Rp 9.850 per liter berlaku di wilayah DKI Jakarta, Nanggroe Aceh Darussalam, Jawa Tengah, DIY, Jawa BArat, Banten, Jawa Timur, NTB, dan NTT. Sedangkan di wilayah lainnya mengalami kenaikan di kisaran Rp 10.050 hingga Rp 10.250 per liter.

Pertamina Dex seharga Rp 10.200 per liter

Adapun Pertamina Dex dengan harga Rp 10.200 per liter dirasakan oleh DKI Jakarta, Jawa BArat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, DIY, NTT, NTB, Sumatera Utara, dan Nanggroe Aceh Darussalam.

Untuk provinsi Sumatera Barat, Sulawesi, Kalimantan, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Gorontalo, memiliki harga di kisaran Rp 10.450 per liter. Lain halnya di Riau, Kepulauan Riau, Batam dan bengkulu memiliki harga Rp 10.650 per liter.

Terjamin Stok Aman Hingga Habis Bulan April

PT Pertamina menanggapi adanya harga BBM terbaru ini, dan akan memastikan bahwa stoknya aman. Hal ini dipastikan usai adanya kebakaran kilang minyak Balongan, Indramayu. Bahkan dikabarkan bahwa stok akan aman hingga 21 hari.

Di beberapa daerah justru memiliki stok lebih dari kategori aman. Hal ini bisa jadi lebih dari 21 hari atau 27 hari sesuai dengan stok masing-masing.

Untuk jenis bio solar hanya cukup kira-kira untuk 22 hari. Sedangkan pertamax dan premium bisa mencapai 27 hari ke depan. Karena pertalite merupakan gabungan dari pertamax dan premium maka stoknya juga diperkirakan aman selama 27 hari.

Lebih aman lagi untuk kebutuhan avtur yang mencapai 74 hari dan stok LPG tahan hingga 17 hari. Pihak PT Pertamina menyebutkan bahwa stok tersebut merupakan stok aman di hari-hari biasa. Namun, ada beberapa yang mempengaruhi harga BBM terbaru 2021.

Sehingga bisa dikatakan normal dan tidak mengalami pengurangan yang cukup pesat. Harga BBM di tiap daerah memang berbeda-beda. Hal ini didasarkan pada jenisnya masing-masing.

Jika pada suatu daerah tidak tercantum harga BBM tertentu bisa saja memang tidak tersedia disana. Kemungkinan hal itu bisa jadi disalurkan ke wilayah tertentu dalam jumlah yang terbatas.

Itulah harga BBM terbaru sejak April 2021. Harapannya harga bisa kembali normal dan stok selalu dalam keadaan aman.