Cara Menabung Untuk Beli Rumah di Usia yang Masih Muda

Cara menabung untuk beli rumah kini menjadi pilihan generasi muda dalam mewujudkan impiannya. Apalagi di usia 30 tahun sudah bisa membeli rumah akan sangat menyenangkan. Umur yang masih muda tidaklah mustahil bisa membeli rumah sendiri.

Memiliki hunian yang nyaman di usia muda memang terdengar mimpi saja. Padahal itu adalah sebuah kebanggaan. Tapi mungkin masih banyak yang belum paham bagaimana untuk bisa mendapatkan rumah di umur 30 tahun.

Cara Menabung Untuk Beli Rumah

Properti masa kini memang terdengar lebih memiliki harga yang tinggi. Tetapi ini bukanlah masalah yang begitu besar. Masalah terletak pada diri anda yang mungkin bekerja masih sering mengeluh.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan kredit rumah. Tetapi anda harus tetap mengatur rencana yang jitu agar mendapatkan rumah sesuai dengan impian. Berikut adalah cara untuk menabung yang harus anda lakukan:

Cek Harga Rumah Impian

Langkah yang pertama adalah dengan mengecek harga rumah yang diinginkan. Hal ini bisa dilakukan sebelum membuat strategi keuangan. Harga rumah ini tidak perlu spesifik, tetapi tahu kisaran harganya.

Jika menginginkan rumah yang berada di komplek, harus tahu berapa harga rumahnya beserta ukurannya. Tetapi jika ingin membangun rumah di pedesaan, harus tahu berapa harga tanah disana. Harga ini sebagai patokan untuk menabung di masa mendatang.

Cara Menabung Untuk Beli Rumah di Usia yang Masih Muda

Menghitung Estimasi Kenaikan Harga Rumah

Cara menabung untuk beli rumah berikutnya adalah dengan menghitung estimasi kenaikan harga rumah. Sebab tidak mungkin dari tahun ke tahun harga rumah dan tanah tetap sama. Anda bisa membuat estimasi selama tiga tahun kedepan.

Estimasi ini biasanya hanya digunakan oleh seseorang untuk mengumpulkan DP rumah. Jika seseorang telah mengumpulkan uang DP terlebih dahulu, rumah impian akan segera tercapai. Bahkan bisa dalam waktu kurang dari tiga tahun.

Hitunglah estimasi ini dengan kelebihan harga. Hal ini sebagai cadangan agar kedepannya masih ada sisa tabungan jika ada keperluan yang mendesak. Cadangan uang ini bisa untuk menambah DP atau hal lainnya.

Menentukan Nominal Tabungan

Nah, cara menabung untuk beli rumah berikutnya adalah dengan menentukan nominal uang yang akan ditabung. Hal ini dilakukan setelah mengetahui jumlah uang untuk membayar DP. Caranya dengan menghitung gaji yang harus disisihkan setiap bulannya.

Menghitung gaji ini juga termasuk dalam menghitung kebutuhan sehari-hari. Tabungan ini harus benar-benar diperhitungkan. Jangan sampai salah menghitung karena bisa berakibat fatal, seperti keterlambatan waktu. Sehingga tidak bisa mencapai target yang sudah ditentukan.

Membuat Rekening Khusus untuk Menabung Rumah

Agar uang tabungan tidak tercampur dengan uang lainnya, lebih baik membuka rekening baru. Hal ini agar uang tabungan tidak terambil untuk keperluan yang lainnya. Sehingga anda bisa fokus menabung untuk membeli rumah impian.

Cara menabung untuk beli rumah ini sangat efektif. Sebab, anda bisa memantau perkembangan jumlah tabungan setiap bulannya. Sehingga anda bisa dengan mudah mencapai target membeli rumah di usia yang masih muda.

Pikirkan Investasi Lainnya

Menabung adalah cara yang paling mudah untuk mewujudkan rumah impian. Tetapi, bukan berarti anda tidak melakukan investasi. Pasalnya, uang tabungan setiap tahunnya akan menyusut.

Hal tersebut tak lain karena adanya inflasi dan potongan admin. Sehingga investasi juga bisa membantu anda dalam mewujudkan rumah impian. Dalam jangka waktu yang pendek ini, anda bisa menginvestasikan reksa dana pasar uang atau reksa dana pendapatan tetap.

Nah, itulah cara menabung untuk beli rumah impian di usia muda. Bekerja dengan giat dan tidak boros adalah kunci sukses dapatkan rumah impian.