Wisata Cagar Alam Tanjung Puting, Konservasi Orangutan yang Mendunia

Wisata Cagar Alam Tanjung Puting, Konservasi Orangutan yang Mendunia

Taman Nasional (TN) Tanjung Puting sangat recommended untuk anda kunjungi. Cagar Alam Tanjung Puting ini bisa anda temukan di semenanjung Kalimantan Tengah. Taman Nasional Tanjung Puting yang dikelola Balai Taman Nasional Tanjung Puting ini menjadi salah satu wisata yang memang banyak dikunjungi. Hal ini dikarenakan Taman Nasional Tanjung Puting menjadi satu-satunya tempat yang membuat kita bisa melihat orangutan di habitat buatan manusia.

Kawasan Wisata Cagar Alam Tanjung Puting

Saat anda mengunjungi TN Tanjung Puting, anda sama saja telah memasuki kawasan konservasi orangutan paling besar se-dunia. Konservasi ini memiliki populasi antara 30.000 hingga 40.000 orangutan. Orangutan tersebut tersebar di dalam dan luar taman nasional ini. Selain itu, kawasan wisata ini juga termasuk ekosistem asli dengan kawasan inti TN Tanjung Puting seluas 415.040 hektar yang ditetapkan pada tahun 1982 dan ditunjuk pada tahun 1977.

Wisata Cagar Alam Tanjung Puting, Konservasi Orangutan yang Mendunia
Letak taman nasional ini ada di ketinggian 0-100 mdpl. Tak heran jika kawasan Cagar Alam Tanjung Puting ini menjadi rumah bagi satwa endemik serta dilindungi. Selain orangutan, anda juga bisa menjumpai bekantan, lutung merah, beruang, kancil, hingga kucing hutan. Ada juga 38 jenis mamalia, hewan liar lainnya, 200 jenis burung, dan sejumlah flora yang terdapat di taman nasional ini.

Rute Menuju Taman Nasional Tanjung Puting

Anda bisa sampai di lokasi Cagar Alam Tanjung Puting dengan menempuh perjalanan dari Pangkalan Bun. Kemudian anda bisa langsung menuju ke Kumai dengan menggunakan kendaraan umum selama 15 menit. Setelah itu, anda bisa lanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Tanjung Puting dengan klotok atau semacam kapal tradisional dengan waktu selama 2 jam. Namun apabila anda menggunakan speed boat, maka anda hanya akan memakan waktu sekitar 1 jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*