5 Camilan Sehat untuk Penyandang Diabetes

5 Camilan Sehat untuk Penyandang Diabetes
5 Camilan Sehat untuk Penyandang Diabetes - 5 Camilan Sehat untuk Penyandang Diabetes

Khawatir gula darah tinggi akibat mengonsumsi camilan? Tenang, masih ada camilan sehat lainnya yang bisa dikonsumsi oleh penyandang diabetes.

Penyandang diabetes atau diabetesi memang memiliki sejumlah aturan tersendiri dalam mengonsumsi camilan, khususnya perkara porsi. Namun, ada kalanya tangan tak bisa berhenti untuk mengambil camilan manis yang tak sehat.

Akan lebih baik bila sedari awal diabetesi mengonsumsi camilan sehat saja demi mencegah terjadinya hiperglikemia (gula darah naik terlampau tinggi). Untungnya, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter punya lima rekomendasi camilan sehat yang bisa dikonsumsi oleh diabetesi.

Adapun camilan sehat yang dimaksud ialah sebagai berikut:

  • Biskuit

Kabar baik, penyandang diabetes tetap dapat menyantap biskuit sebagai camilannya. Tapi, Anda harus memperhatikan kandungan gula dan garam di dalamnya.

Jadi, pilihlah biskuit yang mengandung garam tak lebih dari 120 mg dan gula 15-20 gram. Untuk mengetahui kadar garam dan gula pada biskuit, maka Anda tak boleh malas membaca kemasannya.

  • Buah-buahan Segar

Camilan sehat yang satu ini dapat dikonsumsi secara langsung, dipotong, ataupun dibuat menjadi jus. Saat membuat jus, dr. Sepriani memperbolehkan Anda menambahkan susu cair rendah lemak tanpa gula tambahan.

Ingat, jangan menuangkan susu kental manis ke dalam jus buah karena kandungan nutrisi dari makanan yang kaya serat itu akan rusak.

  • Kripik Sayur Panggang

Daripada mengonsumsi kripik kentang kemasan yang mengandung banyak garam, gula MSG, dan minyak, diabetesi dapat membuat sendiri keripik sehatnya.

Manfaatkan sayuran seperti bayam, kubis, atau kol (ketiganya kaya akan serat dan rendah kalori). Anda dapat memanggang lembaran sayur tersebut dengan bumbu yang simpel hingga menjadi seperti kripik.

  • Kacang-kacangan

American Diabetes Association (ADA) memasukkan kacang-kacangan ke dalam daftar superfood yang kaya protein untuk penyandang diabetes. Meski begitu, konsumsilah kacang-kacangan yang dimasak melalui proses pemanggangan, bukan digoreng.

  • Yoghurt Rendah Lemak

Bagi diabetesi, yoghurt rendah lemak dapat dijadikan camilan untuk menunda lapar sekaligus menambah energi. Lagi pula, yoghurt adalah sumber kalsium dan protein yang sangat baik bagi tubuh. Sehingga, tak ada alasan bagi Anda untuk menolaknya.

Itulah lima referensi camilan sehat bagi penyandang diabetes. Meski camilan sehat di atas dapat dikonsumsi oleh penyandang diabetes tanpa perlu merasa ‘berdosa’, tetapi tetap atur porsinya, ya, agar Anda tidak mendapatkan asupan kalori berlebih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*